PEMUDA DAYAK – West Borneo

Never Give Up teruslah berkarya

Selamatkan Aset Perusahaan/Lembaga Anda

Posted by pemudadayak pada November 21, 2008

employeeApa itu Aset….?
Dalam bisnis dan akuntansi aset adalah segala sesuatu yang dimiliki, apakah di miliki atau hak untuk memiliki, oleh seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan bersama, misalnya sebuah perusahaan, nilai yang dapat dinyatakan dalam istilah moneter. Penulis Rober Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant menyatakan: Asset is something that produce income to your pocket, kalau diterjemahkan aset adalah harta yang dimiliki untuk memberikan penghasilan berupa pemasukan uang/pendapatan kepada pemiliknya. Artinya bagi perusahaan aset harus selalu produktif dan mendatangkan keuntungan, lalu apa yang dilakukan oleh perusahaan apabila aset sudah tidak menguntungkan lagi ? Sudah bisa ditebak kalau tidak dijual ya dibuang alias discrap.
Aset dapat digolongkan dalam berbagai cara. Prinsip-prinsip perbedaan biasanya dilakukan untuk tujuan bisnis diantaranya:

* Aktiva tetap dan
* Aset saat ini.

Dalam neraca sebuah perusahaan atau lembaga keuangan Aset termasuk dalam Aktiva:
Aktiva Lancar(current asset)
Aktiva lancar (Inggris: current asset) dalam akuntansi adalah jenis aktiva yang dapat digunakan dalam jangka waktu dekat, biasanya satu tahun. Contoh aktiva lancar antara lain adalah kas, piutang, investasi jangka pendek, persediaan, dan beban dibayar di muka. Pada suatu laporan neraca, aktiva biasanya dikelompokkan menjadi aktiva lancar dan aktiva tidak lancar. Perbandingan antara aktiva lancar dan kewajiban lancar disebut sebagai rasio lancar. Nilai ini sering digunakan sebagai tolak ukur likuiditas suatu perusahaan, yaitu kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya.Rasio lancar adalah perbandingan antara aktiva lancar dengan utang lancar suatu perusahaan. Sebagai contoh, jika aktiva lancar perusahaan WXY adalah Rp50.000.000 sedangkan utang lancarnya Rp40.000.000, maka rasio lancarnya adalah Rp50.000.000 dibagi 40.000.000, atau sama dengan 1.25. Rasio lancar digunakan untuk mengungkapkan jaminan keamanan (margin of safety) perusahaan terhadap kreditor jangka pendek. Jika perbandingan utang lancar melebihi aktiva lancarnya (rasio lancar menunjukan angka di bawah 1), maka perusahaan dikatakan mengalami kesulitan melunasi utang jangka pendeknya. Jika rasio lancarnya terlalu tinggi, maka sebuah perusahaan dikatakan kurang efesien dalam mengurus aktiva lancarnya.
Aktiva Tetap(fixed asset)
Aktiva tetap dalam akuntansi adalah aktiva berwujud yang memiliki umur lebih dari satu tahun dan tidak mudah diubah menjadi kas. Jenis aktiva tidak lancar ini biasanya dibeli untuk digunakan untuk operasi dan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali.Contoh aktiva tetap antara lain adalah properti, bangunan, pabrik, alat-alat produksi, mesin, kendaraan bermotor, furnitur, perlengkapan kantor, komputer, dll. Aktiva tetap biasanya memperoleh keringanan dalam perlakuan pajak. Kecuali tanah atau lahan, aktiva tetap merupakan subyek dari depresiasi atau penyusutan. Pengisian jumlah yang dihitung per tahun sehingga untuk menghilangkan asli biaya (biaya historis), nilai kurang memo, selama periode tersebut.
Dokumen sebagai Aset Perusahaan
Dokumen adalah salah satu aset penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, seperti aset-asetperusahaan lainya, dokumen patut dikelola dengan baik.
Menurut ISO 9000, fungsi dokumen meliputi tigahal. Pertama, dokumen berfungsi sebagai alat komunikasi. Dalam sebuah dokumen termuatinformasi-informasi penting untuk melaksanakan
pekerjaan, contohnya dokumen perencanaan,daftar sediaan, riwayat pelatihan.Kedua, dokumen berfungsi sebagai alat bukti.Seorang inspektor dapat menunjukkan butki bahwa ia telah melakukan inspeksi barang
dengan menunjukkan checksheet pemeriksaanbarang.Ketiga, dokumen berfungsi sebagai “knowledgesharing”. Dengan menggunakan drawing yangterdahulu, misalnya, seorang designer dapat mengembangkan produk barunya.Seperti aset-aset perusahaan yang lain , dokumenharus dikontrol secara sistematis dan terstruktur.Tujuannya untuk menjamin bahwa dokumen yangtersedia dan beredar di perusahaan adalahdokumen yang terkini (up-date) dan telahdisahkan sebagai dokumen yang berlaku.Dalam standar ISO 9001:2000, klausul 4.2.3 butira) sampai dengan butir g), diatur tata carapengendalian dokumen.
Tingkat pengendalian dokumen berbeda antara satu dokumen dan dokumen yang lainnya,termasuk pengendalian dokumen intern dandokumen ekstern.Dokumen intern adalah dokumen-dokumen yang
diterbitkan oleh perusahaan, contohnya prosedurkerja, instruksi kerja, standar. Sedangkan dokumenekstern adalah dokumen yang diterimadari pihak-pihak diluar perusahaan yang biasanyadigunakan sebagai referensi, misalnya regulasiatau peraturan perundang-undangan, codes,
spesifikasi, referensi.Klausul 4.2.3, standar ISO 9001:2000 (lihat box)mengatur lebih ketat pengendalian terhadapdokumen intern perusahaan dibandingkanpengendalian terhadap dokumen ekstern. Untukdokumen intern berlaku butir a) sampai denganbutir e) dan butir g), sedangkan dokumeneksternberlaku dari butir c) sampai dengan g).Perlu diperhatikan bahwa dokumen-dokumen
yang harus dikontrol tidak terbatas hanya padadokumen-dokumen yang berbentuk dokumenkertas saja, tetapi juga berlaku bagi dokumendokumendengan menggunakan media lain seperti computer hard disk,diskettes, CDROM,foto, video, audio tapes,poster.
Sumber :ISO 9001 for small businessess,
Guidance on the Documentation
Requirements of ISO 9001:2000,
Document ISO/TC 176/SC 2/N 525R

Waspada dan Selamatkan Dokumen Aset Perusahaan atau Aset lambaga Anda ,pastikan semuanya terasripkan dengan baik. Karena kalau tidak, maka pastinya akan mengalami kerugian besar…….!!

Satu Tanggapan to “Selamatkan Aset Perusahaan/Lembaga Anda”

  1. Di hari pertama bulan April ini kusempatkan diriku mengunjungi blog campnya teman-teman. Salam sukses selalu yach…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: